Search

Webinar Series #6 Mengenali Seluk Beluk MLM

  Dengarkan Berita Ini


Pusdiklat Aparatur Perdagangan telah menyelenggarakan Webinar series #6 tentang “Penjualan Langsung Melalui Sistem MLM” pada Selasa, 2 Juli 2024.

Webinar Series #6 ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Pusdiklat Aparatur Perdagangan, Susy Herawaty. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan ASN memegang peran kunci untuk menjalankan pemerintahan dan memberikan pelayanan public. ASN bertanggung jawab tidak hanya dalam melaksanakan kebijakan public tetapi juga dalam memastikan bahwa masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan relevan mengenai berbagai isu, termasuk model bisnis seperti MLM.

Narasumber pertama webinar ini yaitu Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan, Septo Soepriyatno. Beliau menjelaskan berbagai informasi mendasar mengenai peraturan yang terkait dengan MLM atau penjualan langsung; definisi dan kriteria; isu skema piramida dalam penjualan langsung; sanksi; serta tindakan pencegahan.

Narasumber kedua yaitu Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI), Andrew A. Susanto. Beliau menjelaskan tentang prinsip penjualan langsung; ciri-ciri Perusahaan penjualan langsung yang baik; kode etik Perusahaan, tips dan kita menjadi anggota MLM; himbauan terhadap masyarakat bagaimana menyikapi keberadaan penjualan langsung; serta kelebihan dan kekurangan MLM. Selama acara berlangsung, terlihat peserta begitu antusias mengikuti webinar ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya peserta yang terlibat secara aktif, mengajukan pertanyaan dan tanggapan untuk mendapatkan insight mengenai seluk beluk MLM.