Pelatihan Teknis Komunikasi Efektif untuk Perlindungan Konsumen yang diselenggarakan secara daring oleh Balai Pelatihan Aparatur Perdagangan (BPAP) Padang, Kementerian Perdagangan sejak tanggal 16 Juni 2025, resmi ditutup pada hari Jumat, 20 Juni 2025. Pelatihan ini telah sukses memberikan pembekalan kepada aparatur perdagangan dari berbagai daerah mengenai strategi komunikasi yang lebih efektif dalam upaya perlindungan konsumen. Materi yang disampaikan mencakup perlindungan konsumen, service excellent & effective communication, presentation skills, fasilitasi perlindungan konsumen, hingga praktik/simulasi.
Dalam sambutan penutupannya, Kepala BPAP Padang menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan semangat para peserta. Beliau berharap pelatihan ini mampu memberikan manfaat bagi peserta pelatihan, khususnya menerapkan komunikasi efektif dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai aparatur perdagangan. Momen hangat turut hadir dalam sesi penyampaian kesan dan pesan oleh peserta. Salah satunya datang dari Irenne Meisuzanti, perwakilan dari Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung. Dalam testimoninya, beliau menyampaikan: “Pelatihan ini telah membuka wawasan kami bahwa komunikasi yang efektif bukan sekadar menyampaikan pesan, tetapi juga menyentuh, meyakinkan, dan membangun kepercayaan terutama ketika menyangkut isu perlindungan konsumen yang sangat erat kaitannya dengan keadilan dan pelayanan publik yang berkualitas. Penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada panitia penyelenggara pelatihan ini, yaitu BPAP Padang. Terima kasih atas komitmen, kesabaran, dan kerja keras dalam menyelenggarakan pelatihan ini.
Tak hanya peserta, para pengajar juga turut menyampaikan kesan dan pesannya. Bapak Ephraim Jeremia K. Carean, salah satu narasumber pelatihan, mengungkapkan rasa bangga dan senang karena masih dipercaya untuk melatih dan membimbing Bapak Ibu peserta, bagaimana kita berkomunikasi dan bagaimana kita melayani konsumen.” Senada dengan itu, Ibu Lestari Soeryowati turut menyampaikan apresiasinya, “Terima kasih kepada tim BPAP Padang dan khususnya kepada tim Direktorat Pemberdayaan Konsumen yang berada di Jakarta dan tentunya kepada seluruh peserta yang sudah dari hari senin sampai dengan hari jum’at sudah bersama-sama berproses dalam pelatihan yang diadakan oleh BPAP Padang. Pelayanan prima itu bukan tentang kesempurnaan, yang harus semuanya sempurna, tapi ini bicara tentang kesungguhan hati dalam melayani, bagaimana kita empati dalam melayani, dan kemauan untuk terus belajar sampai saat ini, dan self awareness kita terus ajarkan. Komunikasi efektif bukan hanya soal berbicara, tapi soal mendengar dan niat memahami, bukan sekedar menjawab.”
Kebanggaan tersendiri dirasakan oleh para peserta terbaik yang berhasil meraih predikat juara dalam pelatihan ini. Mereka adalah: 1. Ahmad Ardinal Rasyidi – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Tanah Datar. 2. Hena Oktaria Ginting – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Tanah Datar 3. Irenne Meisuzanti – Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung. Selamat kepada para juara atas pencapaian yang membanggakan! Semoga ilmu dan pengalaman dari pelatihan ini dapat menjadi bekal dalam meningkatkan kualitas komunikasi dan pelayanan kepada masyarakat. Terima kasih atas semangat belajar dan partisipasi aktif seluruh peserta! Sampai bertemu kembali di pelatihan-pelatihan berikutnya. Bersama kita wujudkan komunikasi publik yang lebih efektif demi konsumen yang lebih terlindungi!