Search

Pembukaan Pelatihan Teknis Harmonized System Code (HS Code), Senin 22 April 2024.

  Dengarkan Berita Ini


Pelatihan teknis HS Code diselenggarakan secara fully online pada tanggal 22-26 April 2024, diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan aparatur perdagangan dari 15 (lima belas) OPD dalam wilayah kerja Balai Pelatihan Aparatur Perdagangan Padang.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ibu Susy Herawaty, bersamaan dengan Pelatihan Teknis Penyusunan Bahan Perundingan di Bidang Perdagangan Internasional yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Perdagangan. Dalam sambutannya, Ibu Susy menyampaikan, “Harmonized Code (HS Code) adalah nomenklatur barang yang sudah disusun secara sistematis untuk perdagangan internasional. HS Code ini dipergunakan untuk kepentingan perhitungan biaya masuk, biaya keluar dan pajak, dalam rangka perdagangan internasional. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengaplikasian penggunaan HS Code, sehingga dapat menunjang tugas dan fungsi kerja bagi aparatur perdagangan di daerah. Pelatihan HS Code ini merupakan tahapan awal dari pelatihan berjenjang yang kami desain, dan kelulusan pada pelatihan ini menjadi salah satu prasyarat untuk mengikuti pelatihan teknis Analisis Data dan Informasi Produk Ekspor”.

Beliau juga menyampaikan, “walaupun pelatihan diselenggarakan secara fully online, namun diharapkan tidak mengurangi antusiasme dan semangat peserta, serta pemahaman dalam mengikuti pelatihan ini agar mendapatkan hasil yang optimal”.

Akhir kata, Balai Pelatihan Aparatur Perdagangan Padang mengucapkan selamat mengikuti pelatihan dan semoga semua peserta pelatihan lulus dengan nilai yang memuaskan.