Search

Pelatihan Teknis Analisis Kelayakan Penertiban Dokumen Perizinan Angkatan II

  Dengarkan Berita Ini


BPAP Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Teknis Analisis Kelayakan Penertiban Dokumen Perizinan Bidang Bina Usaha Perdagangan, Perdagangan Jasa, dan Perdagangan Melalui Sistem Elektonik Angkatan II secara daring pada 29 April - 7 Mei 2024. Pelatihan yang diikuti oleh SDM Bidang Perdaganan di wilayah kerja BPAP Yogyakarta ini diampu oleh pengajar dari direktorat Bina Usaha Perdagangan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan. Dalam sambutannya, Kepala BPAP Yogyakarta, Ibu Hadian Novi Setiani menyampaikan, bahwa pelatihan teknis ini merupakan hasil dari pemetaan yang telah dilakukan pada tahun 2023. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini peserta dapat dan mampu menganalisis apakah pengajuan permohonan perizinan yang disampaikan pelaku usaha terkait dengan perdagangan barang, perdagangan jasa dan perdagangan melalui sistem elektronik telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga dengan demikian dapat mempermudah pembinaan, dan pengawasan kepada pelaku usaha.

Pelatihan ini diikuti oleh 27 peserta dari Dinas Perdagangan tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi di wilayah kerja BPAP Yogyakarta, dengan peserta lulus sebanyak 26 (dua puluh enam) peserta dan 1 (satu) orang peserta dinyatakan tidak lulus. Pada kegiatan ini juga terpilih 3 (tiga) peserta terbaik yaitu: 1. Nila Ayu Paramithasari, dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dengan nilai 88.71; 2. Tri Atmini Utami. dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo dengan nilai 88.43; dan 3. Tri Handayani dari Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Magelang dengan nilai 88,03.

Akhirnya, diharapkan para peserta yang lulus dapat memahami kebijakan terkait dengan kemudahan berusaha di bidang perdagangan, menjelaskan tata cara verifikasi dan analisis kasus perizinan distribusi barang secara langsung dan mampu melakukan pemeriksaan perizinan waralaba. (-far-)