Search

Pelatihan Most Wanted : HS Code

  Dengarkan Berita Ini


Harmonized System Code atau yang lebih familiar disebut HS Code merupakan suatu daftar penggolongan barang yang dibuat secara sistematis dengan tujuan mempermudah penarifan, transaksi perdagangan, pengangkutan, dan statistik yang telah diperbaiki dari system klasifikasi sebelumnya. Pelatihan ini menjadi dasar banyak pelatihan perdagangan lainnya sehingga peminatnya sangat banyak.

Pemahaman tentang HS Code sangatlah penting, karena HS Code memiliki kegunaan dan peran dalam Perdagangan internasional, antara lain : Penetapan Tarif Bea Masuk (Harmonized Tariff Schedule), Surat Keterangan Asal (Rules of Origin) dan Dokumen Ekspor Impor, Pengaturan/Pengawasan (Penentuan Monitoring Komoditi Lartas), Negosiasi Perdagangan (Trade Negotiation), dan Pencatatan Data Perdagangan (Trade Statistics).

Kepala Pusdiklat Aparatur Perdagangan, Susy Herawaty, membuka secara resmi Pelatihan Teknis HS Code T.A. 2024 secara tatap maya, Senin (24/6). Beliau mengharapkan agar pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengaplikasian HS Code sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kerjanya.

Pelatihan dilaksanakan secara tatap maya pada tanggal 24-28 Juni 2024 dan diikuti oleh 30 orang peserta di lingkungan Kementerian Perdagangan dan Dinas daerah yang membidangi perdagangan. Pengajar pada pelatihan adalah perwakilan dari Ditjen Bea dan Cukai serta Pusat Kebijakan Ekspor Impor dan Pengamanan Perdagangan. Semoga para peserta dapat mengikuti seluruh pelatihan dengan baik.