Search

Pelatihan Kebijakan Bapokting Kelas Akselerasi Bali

  Dengarkan Berita Ini


BPAP Yogyakarta, pada tahun 2024 kembali mengadakan Pelatihan Teknis Kebijakan Perdagangan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Pelatihan Bapokting). Pelatihan Bapokting diselenggarakan dari tanggal 11 - 21 Juni 2024 dengan tatap muka langsung pada 20 – 21 Juni. Pelatihan ini merupakan hasil dari kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan Pemerintah Provinsi Bali.

Kerja sama ini merupakan upaya dari Balai Pelatihan Aparatur Perdagangan Yogyakarta, Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan dan mempercepat peningkatan kompetensi SDM Bidang Perdagangan khususnya di wilayah Provinsi Bali. Kerja sama menjadi terobosan karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh BPAP Yogyakarta dan Bali merupakan titik strategis yang akan menjadi hub dalam program pelatihan di wilayah kerja BPAP Yogyakarta. Pelatihan Bapokting menjadi pilihan Provinsi Bali karena Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga di wilayah Bali. Dengan Sumber Daya Manusia yang tersebar di 9 (sembilan) Kabupaten dan Kota se – Bali, peningkatan kompetensi di bidang Kebijakan Perdagangan Bapokting mutlak diperlukan.

Pengajar pada pelatihan ini dari Direktorat Barang Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk tata kelola perdagangan gas elpiji. Sedangkan dari Pemerintah Daerah Jawa Barat menjadi pengajar daerah yang membagikan pengalaman penerapan kebijakan perdagangan barang pokok dan barang penting di Jawa Barat.

Pada sesi penutupan pelatihan, Kapusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ibu Susy Herawaty menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemerintah Provinsi Bali yang telah mendukung penuh program kerja sama pelatihan ini. Ibu Susy juga menyampaikan terimakasih atas antusiasme 25 peserta pelatihan dan berharap apa yang didapatkan selama pelatihan bisa dipergunakan dalam pelaksanaan kerja sehari-hari, dan pada akhirnya Masyarakat dapat terlayani dengan lebih baik.

Adapun peserta terbaik dari pelatihan ini adalah sebagai berikut: 1. I Made Putra Suhartawan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali dengan Nilai 91,13 2. I dewa Gede Agung Rai Baskara dari Dinas Dinas Perindustrian dan Perdaganan Provinsi Bali dengan nilai 90,92 3. Ni Gusti Agung Nyoman Adyani Utari dari Biro Pengadaan Barang/ Jasa dan Perekonomian Setda Provinsi Bali dengan nilai 89,88 -far-