Search

PEMBUKAAN PELATIHAN TEKNIS ANALISA DATA DAN INFORMASI PRODUK EKSPOR

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan RI melalui Balai Pelatihan Aparatur Perdagangan (BPAP) Padang melaksanakan kegiatan Pelatihan Teknis Analisa Data dan Informasi Produk Ekspor (ADIPE), yang diselenggarakan dari tanggal 29 Mei sd 4 Juni 2024 secara blended (tiga hari daring dan dua hari luring).

Pelatihan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta dalam wilayah kerja BPAP Padang yaitu Pulau Sumatera, Kepulauan Riau dan Kepulauan Bangka Belitung. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pelatihan Aparatur Perdagangan (BPAP) Padang, Hadi Barry Rahmatullah, Rabu 29 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Kepala BPAP Padang menyampaikan pentingnya pelatihan ini, Melalui analisa data yang akurat dan komprehensif, kita dapat menyusun strategi ekspor yang lebih efektif dan efisien, meningkatkan peluang dan pasar baru yang belum tergarap. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat memahami kebijakan ekspor Indonesia, mampu mengidentifikasi produk unggulan ekspor, teknik analisis data ekspor Indonesia, menganalisis data dan informasi produk unggulan ekspor dan mampu menyajikan hasil analisis data dan informasi produk unggulan ekspor tersebut dengan baik. Pelatihan ini juga diharapkan bisa dapat meningkatkan kompetensi aparatur perdagangan di daerah.

Hadi juga menyampaikan bahwa Pelatihan ADIPE merupakan pelatihan berjenjang, dimana peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah mereka yang dinyatakan lulus mengikuti pelatihan HS Code sebelumnya.

Kita semua berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang optimal sehingga dapat menerapkannya di instansi masing-masing.