Sosialisasi Dekranas Award 2019 dan WWC Award 2020


Depok, 5 Desember 2019 - Dalam rangka mempersiapkan daerah untuk mengikuti Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Award tahun 2019 dan World Craft Council (WCC) Award tahun 2020, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Sosialisasi Dekranas Award 2019 dan WWC Award 2020 di Pusdiklat Perdagangan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Dekranas, Erni Tjahjo Kumolo.

Pada kesempatan ini, Dirjen PEN yang diwakili oleh Kepala Pusdiklat Perdagangan, Julia Gustaria Silalahi menyampaikan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat mengerti tentang bagaimana kriteria dan mekanisme penilaian dari Dekranas dan WCC Award, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik. Para peserta akan diberikan bekal mengenai pengembangan produk-produk kriya di Indonesia maupun di negara-negara ASEAN. Para penerima Dekranas Award nantinya akan diikutsertakan pada WCC Award of Excellence for Handicraft pada tahun 2020.

Ketua Bidang Pameran dan Kerja Sama Luar Negeri Dekranas, Peggy Lukita menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Dekranas Awards 2019 dan WCC Awards 2020 telah diagendakan untuk diadakan di dua daerah, yaitu Jakarta dan Sulawesi Selata. Kedua daerah ini terpilih sebagai target wilayah penyelenggaraan dengan pertimbangan bahwa jumlah perajin potensial di daerah tersebut semakin meningkat. Selain itu, Makassar juga akan dikembangkan sebagai marketing point untuk aktivitas ekspor dari Indonesia ke pasar luar negeri. Sehingga, dengan tumbuhnya industri kerajinan provinsi tersebut, diharapkan akan semakin mendorong peluang ekspor kerajinan dari dalam negeri ke mancanegara.

Kegiatan ini diselenggarakan pada 4-7 Desember 2018 dan diikuti oleh 110 peserta yang terdiri dari pengurus Dekranasda provinsi dan kabupaten/kota serta pelaku kriya unggulan daerah yang berpotensi ekspor. Pada kegiatan sosialisasi ini sekaligus dilakukan pelatihan tentang strategi pengembangan ekspor yang menekankan pada pembiayaan ekspor dan branding. Dengan demikian, diharapkan para peserta dapat mengerti tentang bagaimana memperoleh akses pembiayaan dan persyaratan, prosedur, maupun mekanismenya. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat memahami mengenai masalah branding untuk meningkatkan nilai jual produk.[Red]

Informasi lebih lanjut hubungi :
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan
Kementerian Perdagangan
e-mail : tu-pusdiklat@kemendag.go.id / pusdiklat@kemendag.go.id
telp : 021-7423 160, 7423 226 Fax : 021 7422 570
 

0 Komentar - Tulis Komentar

Saran dan Kritik