Pembukaan Pelatihan Teknis Jaminan Mutu Hasil Kalibrasi dan Pelatihan Teknis Pengambilan Contoh Padatan

Depok- Kepala Pusdiklat Perdagangan, Ibu Julia Gustaria Silalahi, membuka secara resmi Diklat Jaminan Mutu Hasil Kalibrasi dan Pengambilan Contoh Padatan pada Senin (5/10). Hadir dalam kegiatan tersebut Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Perdagangan, Ibu Srie Agustina, Kepala Balai Diklat Penguji Mutu Barang, Basa Sianipar, para Widyaiswara di lingkungan Pusdiklat Perdagangan, beserta segenap koordinator dilingkungan Balai Diklat Penguji Mutu Barang, Pusdiklat Perdagangan.

 “Diklat ini bertujuan untuk memutakhirkan pengetahuan dan keterampilan para pejabat penguji mutu barang dalam bidang  jaminan mutu di laboratorium kalibrasi sesuai prosedur Plan, Do, Check, Action (PDCA) serta pengambilan contoh padatan sesuai ISO yang terbaru”, jelas Ibu Julia dalam sambutannya.

Kedua diklat akan diselenggarakan selama lima hari yaitu pada tanggal 5-9 Oktober 2020 melalui aplikasi KUDAGANG. Peserta diklat Jaminan Mutu Hasil Kalibrasi berjumlah 20 (dua puluh) orang yang berasal dari seluruh Indonesia. Sedangkan pengajar adalah Bapak Endang Sumirat selaku praktisi ahli di bidang kalibrasi. Materi yang dipelajari peserta antara lain validasi dan verifikasi metode, jaminan mutu laboratorium kalibrasi, bahan acuan bersertifikasi, dan uji banding laboratorium kalibrasi.

Sedangkan untuk Diklat Pengambilan Contoh Padatan peserta berjumlah 15 (lima belas) orang yang berasal dari seluruh Indonesia. Bertindak sebagai pengajar adalah Ibu Nurul Fadhlina dari Balai Kalibrasi, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu (DSPM) dan Tim Puslit Kimia LIPI. Materi yang dipelajari peserta antara lain sistem standardisasi nasional dan kebijakan pengambilan contoh, Sistem Sertifikasi Produk, Pengawasan Pasar dan Sistem Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh (PPC, Pengetahuan produk, teknik pengambilan contoh, dan praktikum pengambilan contoh secara virtual melalui video yang telah disiapkan oleh panitia. Selamat dan sukses untuk para peserta!

 

 

 

0 Komentar - Tulis Komentar

Saran dan Kritik