
Bekerja dengan efisien adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam manajemen waktu, keefisienan dalam bekerja adalah salah satu faktor yang dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik. Namun sayangnya di dunia nyata, bekerja secara efisien itu sulit dilakukan. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips untuk belajar efisien dalam bekerja. Semoga tulisan berikut ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat membaca!
- Berhenti menunda-nunda pekerjaan
Faktor penghalang utama dari belajar untuk efisien dalam bekerja adalah perasaan ingin menundanunda pekerjaan. Percayalah bahwa waktu adalah hal yang tidak dapat diulang lagi, jadi selagi masih mempunyai banyak waktu maka kerjakanlah segera semua pekerjaan yang kamu miliki. Ketika kita menunda pekerjaan, maka pekerjaan satu akan bertemu dengan pekerjaan yang lain. Terlalu banyak pertimbangan juga bisa membuatmu menunda pekerjaan. Tinggalkan aspek-aspek yang memunculkan keraguan dan mulai melakukan pekerjaan itu tanpa rasa ragu. Pelajaran pertama dalam belajar efisien adalah berhenti menundanunda pekerjaan! - Jangan multi-tasking kecuali memang sudah handal
Multitasking adalah metode bekerja dengan mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan. Sebenarnya istilah ini berawal dari aktivitas kerja komputer atau gadget. Namun di dunia pekerjaan istilah ini juga mulai populer. Sayangnya kita bukanlah smartphone atau komputer yang dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Komputer saja bisa hang bila dipaksakan melakukan banyak pekerjaan. Begitu pula dengan manusia, kalau tidak terbiasa untuk melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan, sebaiknya jangan dipaksa. Bukannya selesai itu semua tugas tapi yang terjadi bisa sebaliknya, tidak efisien. 5Tips Untuk Belajar Efisien Dalam Bekerja. - Fokus saat bekerja
Efisien itu butuh kerja keras, butuh kefokusan saat bekerja. Kita tidak dapat mencampuradukan masalah pekerjaan dengan urusan yang lain. Oleh karena itu, penting untuk menyusun jadwal yang jelas setiap minggunya. Sehingga urusan satu dengan yang lain tidak saling bertabrakan. Apabila sudah bertabrakan akan merepotkan diri sendiri, dan ujungnya malah menimbulkan stress. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus bekerja adalah : mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga teratur atau bisa juga bekerja diselingi dengan mendengarkan musik yang disukai. - Berhenti bekerja saat lelah
Manusia bukanlah robot dapat bisa dipaksa bekerja, manusia juga mempunyai keterbatasan. Kita tidak dapat memaksa tubuh dan pikiran terus bekerja di kala badan sudah lelah. Ketika kita memaksa bekerja di saat lelah, hasil kerja tidak akan maksimal. Lalu bagaimana jika memang harus lembur? Tidak masalah. Yang penting sediakan waktu untuk istirahat walau hanya sebentar. Sebab, sekali lagi manusia bukan robot. Sediakan waktu untuk cuti melakukan hal-hal yang menyenangkan. Melakukan hal yang disukai atau melakukan perjalanan ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi selama liburan. - Mulai harimu lebih awal
Salah satu tips untuk bekerja lebih efisien adalah dengan memulai hari lebih awal. Sebab pagi hari adalah waktu paling baik untuk bekerja, sebab energi masih full untuk digunakan bekerja. Dimulai dengan bangun pagi dan mengucapkan syukur atas hari baru yang diberikan akan menambah energi dalam memulai bekerja. Pagi adalah waktu yang paling tepat untuk menjemput rezeki. Hatipun juga masih ditemani hawa sejuk dan cahaya mentari yang menghangatkan. Satu hal yang jangan dilupakan adalah biasakan untuk sarapan di pagi hari sebelum pergi bekerj
0 Komentar - Tulis Komentar